BERTEMU MENAG BAHAS PERCEPATAN ALIH STATUS MENJADI UIN SYEKH WASIL, REKTOR IAIN KEDIRI SAMPAIKAN APRESIASI

IAIN Kediri Newsroom – Menyongsong percepatan alih status IAIN Kediri menjadi universitas, Rektor IAIN Kediri, Wahidul Anam, bersama dengan delapan rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) bertemu dengan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada Selasa (10/09/2024). Audiensi yang dilaksanakan di Kantor Pusat Kementerian Agama ini membahas percepatan proses alih status 11 PTKN, berikut juga IAIN Kediri dalam proses transformasinya menjadi UIN Syekh Wasil.

Pada pertemuan tersebut, Menag menyampaikan kepada para rektor yang hadir untuk mempersiapkan transformasi ini terutama dalam menghadapi tantangan besar yang dihadapi oleh perguruan tinggi di bawah Kementerian Agama.

“Alih status bukan hanya soal nama, tetapi harus ada perubahan signifikan dalam prestasi dan kualitas pendidikan. Kita ingin transformasi ini memberi dampak nyata bagi pengembangan perguruan tinggi keagamaan negeri,” ujar Menteri Agama pada Selasa (10/09/2024) sebagaimana dilansir pada laman resmi kemenag.go.id.

Menag meyakini bahwa dengan adanya dukungan dari berbagai pihak baik dari Kementerian Agama maupun para rektor, proses transformasi dapat berjalan lancar. Kepada Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), Menag menegaskan untuk dapat terus mengawal, mengawasi, dan mendukung perguran tinggi dalam menjalani proses alih status, tidak hanya melalui laporan adiministratif namun juga memastikan PTKN dapat bertransformasi menjadi lebih baik.

“Saya minta proses alih status ini dipercepat, dan kekurangan-kekurangan yang ada harus segera diatasi. Jangan biarkan hambatan-hambatan kecil menghalangi kita untuk maju,” lanjutnya.

Menag juga menargetkan PTKN yang sedang dalam proses transformasi ini dapat menerima Perpres alih status menjadi universitas paling lambat pada awal bulan depan. “Kita harap di awal Oktober itu semua PTKN sudah dapat Peraturan Presiden-nya masing-masing” tegasnya.

Atas dukungan penuh dari Menag dan jajarannya terhadap upaya transformasi yang terus berjalan ini, Rektor IAIN Kediri, Wahidul Anam menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya. “Terima kasih, Gus Men, atas arahan dan dukungannya. Semoga proses tranformasi ini berjalan lancar. Semoga akhir September atau awal Oktober, sudah terbit Perpresnya,” ungkap Wahidul Anam saat dihubungi melalui pesan teks pada Rabu (11/09/2024).

Sumber: Humas IAIN Kediri
Penulis: Zuhrufi Latifah
Editor: Ropingi el-Ishaq


Berita Lainnya